Ayo Bagikan Berita Ini

INTEL MEDIA – CIBINONG – Dua proyek Dinas Pen­didikan Kabupaten Bogor tahun 2020 mulai masuk dapur lelang. Keduanya pembangunan unit sekolah baru (USB) SMPN 2 Caringin dan revitalisasi ruang kelas SMPN 2 Sukaraja.

Kasi Sarpras dan Kelembagaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Desirwan membenarkan. Kedua sekolah yang tahun ini mendapat pembiayaan pengembangan sarpras dari APBD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2020 itu sudah dalam proses lelang.

“Saat ini yang baru masuk lelang Detail Engineering Design (DED). Selanjutnya kalau sudah selesai baru dilelangkan untuk fisiknya,” ucap Desirwan, Senin (27/4).

Dia menjelaskan, untuk DED atau perencanaan kedua proyek pengembangan sekolah tersebut menelan anggaran Rp146,2 juta. “Sampai akhir April 2020 ini baru dua proyek itu saja yang mau dilelang. Kalau untuk yang lainnya belum,” ujarnya.

Desirwan juga mengaku tidak mengetahui apakah ada anggaran pengembangan sarpras di bidang SMP yang direalokasi untuk menangani Covid-19 di Kabupaten Bogor.
“Sampai sekarang belum ada info,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Disdik Kabu­paten Bogor, Entis Sutisna menjelaskan, tahun ini pihaknya memiliki tiga kegiatan yakni rehabilitasi berat, pembangunan ruang kelas baru dan revitalisasi yang dibiayai melalui APBD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2020.

“Jenjang SD sebanyak terdapat 385 kegiatan dan SMP ada puluhan kegiatan,” terangnya.
Selain dari APBD Kabupaten Bogor, Disdik juga mendapat bantuan pengembangan sarpras melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan.

“Untuk berapa kegiatannya, belum ditentukan jumlahnya. Hanya nominal anggarannya Rp33 miliar untuk SD dan Rp15 miliar tingkat SMP,” katanya.(Jm)