Ayo Bagikan Berita Ini

Parung Info – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan mengajak seluruh unsur masyarakat untuk terlibat memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Meski secara formal pihak yang diamanati sebagai penanggungjawab bidang pendidikan adalah pemerintah, secara luas, pada dasarnya siapa pun adalah seorang pendidik. Keterlibatan semua orang untuk memberi pendidikan akan memberi bekal kepada setiap anak untuk menyongsong masa depan mereka. “Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Kita adalah subyek, sekaligus obyek pendidikan,” ujar Anies di Festival Publik ‘Semua Murid Semua Guru’ yang dilaksanakan di Mall FX Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu, 29 Mei 2016. Pada acara yang merupakan rangkaian ‘PeKan’ atau ‘Pesta Pendidikan’, Anies meninjau gerai-gerai yang dibuka puluhan komunitas, lembaga pemerintah, lembaga swasta, yayasan, dan organisasi yang peduli akan dunia pendidikan.

Anies menuliskan ide-ide cerdas di bidang pendidikan yang diwujudkan setiap kalangan yang peduli pendidikan akan memunculkan kebanggaan bahwa semua pihak, menaruh perhatian demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas yang akan memajukan bangsa. “Berderet ide-ide cerdas menerobos. Ingin rasanya semua meluas dan menjadi praktik baik di semua tempat. Ada bangga tanpa henti!,” tulis Anies. Acara Pesta Pendidikan sendiri diselenggarakan mengambil dua momentum hari peringatan, yaitu Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei, dan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei.

Selain festival yang hari ini diselenggarakan, Pesta Pendidikan telah melaksanakan beberapa rangkaian acara, yaitu peluncuran lagu ciptaan musisi ternama bertema pendidikan, kampanye dan lomba video bertema ‘Ini Inspirasiku’, lomba desain seragam dan simbol identitas ‘Untuk Guru’, workshop, talkshow, dan roadshow ‘Guru Berbudi dan Teman Belajar’, serta peluncuran sinedu.id sebagai program pengembangan literasi media melalui film untuk siswa, guru, dan orang tua. Sementara, festival sehari penuh yang dilaksanakan di Mall FX hari ini, diselenggarakan untuk menunjukkan pesan yang disampaikan Anies, yaitu setiap unsur masyarakat, bisa memberi kontribusi untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Ada 77 lembaga yang membuka gerainya untuk menunjukkan kontribusi mereka. Lembaga itu terdiri dari perusahaan teknologi informasi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), yayasan pendidikan, komunitas sosial, hingga media. Diselenggarakan juga pertunjukan seni dan hiburan, peragaan busana untuk guru, kontes, lokakarya, publikasi praktik baik pendidikan, pameran pahlawan pendidikan, dan talkshow ‘Suara Siswa’. Acara akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/778240-menteri-anies-bicara-kualitas-pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *