Ayo Bagikan Berita Ini

INTELMEDIA BOGOR – Dalam rangka Melestarikan Kebudayaan Adat Sunda,serta mengangkat Kabupaten Bogor sebagai pusat kebudayaan, kesenian, wisata sejarah dan juga untuk menuju Kabupaten termaju dan berkeadapan.

Kampung Cisalada Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Saren Taun yang akan dimulai dari tanggal 12 hingga 14 September 2019 dan diisi dengan bermacam-macam acara antara lain seperti berikut, pada tangga 12 September di mulai acara pertama di beri nama BABAKTI (Syukuran) dan yang kedua NEUTEUPKEUN (Nitipkan) Sejarah para Leluhur, kemudian dilanjut dengan NGEMBANG/ZIARAH,(Makam Leluhur) hingga acara KHITANAN MASSAL.

Kemudia pada hari kedua tanggal 13 September dilanjutkan yang pertama diadakan adalah acara NGALA CAI KUKULA KA TUJUH HUKU CAI, atau dalam bahasa Indonesianya engambil air di tujuh sumur dari Sumber mata air Gunung Gagak dan sumur lainnya, dilanjut acara selanjutnya NADAR & MANAKIBAN, PENGAJIAN /TABLIGH AKBAR.

Pada hari ke tiga tanggal 14 September, yang merupakan puncak acara dan penutupan akan diadakan acara Arakan Dongdang ( Lomba Dongdang) HELERAN /SEDEKAH BUMI (PESTA RAKYAT). dan tidak ketinggalan acara SANTUNAN YATIM dan JOMPO serta PAMERAN PRODUK dari hasil kerajinan tangan dari masyarakat setempat, acara ini juga diramaikan oleh PERLOMBAAN TRADISIONAL, PENTAS KESENIAN dan terakhir HIBURAN WAYANG GOLEK.

Ketika ditemui oleh Intelmedia Bogor Panitia acara Saren Taun sangat menghimbau untuk masyarakat khususnya Bogor dan sekitarnya dapat hadir dalam acara tersebut.

“Acara ini adalah warisan dari leluhur Bogor, sudah selayaknya kita melestarikan dan menggelarnya secara berkala, mengingat pemerintah Kabupaten Bogor juga sedang menggiatkan sektor pariwisata”. Ujar salah satu panitia . (AG – editor : HO)