Ayo Bagikan Berita Ini

INTEL MEDIA – BOGOR – Janji Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara yang pernah mengatakan bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Pusat akan disalurkan hingga sebelum Idulfitri saat dampingi Presiden Jokowi meninjau penyaluran BLT di Kantor Pos Kota Bogor, Rabu (13/5/2020) lalu, akhirnya ditunaikan.

Hari ini, Sabtu (23/05/2020), kembali disalurkan bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) di Kota Bogor. Hingga sehari sebelum Lebaran, bansos telah mencapai 82,05 persen atau 22.887 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dari total 27.893 KPM. Bansos dari pemerintah hingga saat ini sudah disalurkan ke 68 kelurahan dan tinggal tersisa 5.006 paket bansos. Menurut Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Bogor, Bagus Muhammad Yusuf, sisa penyaluran akan diupayakan hingga petang ini.

Sebelumnya, Mensos Juliari Batubara saat tinjau penyaluran di Kantor Pos Kota Bogor Bogor beberapa waktu lalu mengatakan, penyaluran bansos yang sudah dilakukan pemerintah pusat masih jauh dari kata sempurna. Kedepan, pihaknya akan terus memperbaiki data penerima dengan pemerintah daerah, sehingga yang menerima bansos adalah mereka yang benar-benar berhak.

“Kami komunikasikan jika ada warga terdampak yang belum terbantu tolong masukkan ke tahap kedua. Kami sadar tahap pertama ini masih ada kekurangan, dan ada data yang tumpang tindih. Tahap kedua Insya Allah bisa lebih baik,” ujar Juliari.

Sementara, Wali Kota Bogor, Bima Arya saat bersama Mensos Juliari di Kantor Pos Kota Bogor menyampaikan, di Kota Bogor saat ini ada 159.162 KK yang terdata menerima bantuan baik DTKS maupun Non DTKS. Untuk total khusus Non DTKS sejumlah 23.000 KK, sisanya dibantu dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat. (nesto)