Ayo Bagikan Berita Ini

INTEL MEDIA – CIBINONG – Seluruh kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) SMAN 3 Cibinong (SMANTIC)  Kabupaten Bogor mengunggah video informasi mengenai pandemi Covid-19 di media sosial Instagram. Setiap ekstrakurikuler memberikan informasi dengan ciri khas ekskulnya tersebut.

Terdiri dari bidang musik, tari, dan paduan suara, ekskul seni budaya SMAN 3 Cibinong itu memberikan informasi dengan cara yang unik.

Di bidang paduan suara, beberapa siswa bernyanyi di rumah masing-masing sambil menyanyikan lagu “Baby One More Time” milik Britney Spears yang liriknya diubah dengan menggambarkan suasana self-quarantine (karantina mandiri) yang tengah mereka jalani.

Sedangkan di bidang seni tari, terlihat beberapa siswa mempraktikkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menari sambil diiringi musik.

Selain itu, ada juga ekskul rohani siswa (rohis) yang tengah berdiskusi dengan anggota rohis lainnya membahas pandemi Covid-19 seraya menginformasikan kebijakan-kebijakan yang diambil Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Total, ada 19 ekskul yang berpartisipasi dalam program tersebut. Seluruh video ekskul bisa dilihat di sorotan akun Instagram resmi sekolah @sman3cibinong.

Kepala SMAN 3 Cibinong, Asep Anwar menjelaskan, pihaknya ingin ilmu yang dimiliki siswa seputar pandemi Covid-19 ini tak hanya bermanfaat bsgi dirinya sendiri, tapi juga untuk masyarakat. “Di awal, siswa sudah belajar dari rumah tentang materi Covid-19. Dengan mempraktikkan informasi yang mereka miliki melalui video yang diunggah ke media sosial, jadi bisa diakses oleh masyarakat,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (16/4/2020).

Dengan demikian, Asep berharap, siswa ikut berperan dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Selain itu, program ini juga menjadi alternatif penilaian keikutsertaan siswa di rapor.

“Biasanya, penialian ekskul kan melalui praktik atau tes. Kita akan jadikan tugas (membuat video) ini menjadi salah satu indikator penilaian mereka. Karena, untuk berpraktik kan enggak mungkin,” tuturnya.

Ia menegaskan, pembina ekskul pun turut berperan aktif dalam program ini. Pembina ekskul berperan sebagai penyelaras tema dan konten yang dibuat oleh siswa. Nantinya, akan dipilih tiga video terbaik dan akan diberikan apresiasi berupa piagam dan hadiah lainnya. “Karya mereka pun akan ditampilkan di mading digital sekolah,” paparnya.

Selain itu, menjelang bulan Ramadan, pihaknya akan melakukan bakti sosial berbagi sembako kepada masyarakat dengan melibatkan pengurus OSIS, MPK, dan ekskul. “Kalau di Provinsi kan ada Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu), kalau gerakan kita bernama ‘Berbagi Yuk’,” pungkasnya.(Jm)