Ayo Bagikan Berita Ini

BOGOR RAYA – Indonesia ternyata memiliki Al Quran terberat di dunia. Kitab suci yang terbuat dari alumunium itu memiliki berat total 1,2 ton!

Alquran istimewa itu terdapat di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, di Kampung Waru, Parung, Bogor, Jawa Barat. Pembuatan Alquran ini memakan waktu sampai 5 tahun, yakni 1985-1990.

Ide pembuatan Alquran terberat ini berasal dari pendiri ponpes, Syekh Habib Saggaf. Dia kemudian mengajak 8 temannya yang mahir dan hafal Alquran.

“Untuk mengerjakannya, para habib tersebut harus berpuasa dan suci berwudhu. Jika wudhunya batal, mereka harus mengambil wudhu lagi,” kata Mukhlisin, salah seorang santri Ponpes Al-Ashriyyah Nurul Iman, Jakarta.

Dengan ketekunan dan kesabaran yang tinggi, akhirnya Alquran tersebut bisa diselesaikan. Kini Alquran yang terdiri dari 30 juz, 6.666 ayat dan 114 surat tersebut bisa dinikmati para santri di perpustakan ponpes.

Alquran berwarna hijau ini terdiri dari 270 lempeng alumunium berukuran 1,2 meter x 1,5 meter dengan ketebalan 3 milimeter. Ayat-ayat suci di dalamnya ditulis dengan cat khusus berkualitas tinggi. Cat ini diperkirakan akan tahan hingga ratusan tahun.

Sumber : detikcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *