Ayo Bagikan Berita Ini

INTELMEDIA – Pemerintah Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor berusaha menekan penyebaran Covid-19 dengan melakukan giat operasi razia masker kepada warga dan pengguna jalan. Giat berlangsung diawali pada wilayah Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2020).

“Tadi kita melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) dan Peraturan Bupati (Perbup) untuk menekan hingga memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mulai dari wilayah kelurahan Cibinong. Dilanjutkan setiap hari pada tiap kelurahan (sebanyak 13 kelurahan),” terang Camat Cibinong, Bambang Widodo Tawekal kepada Intelmedia saat ditemui usai giat tersebut.

Tingginya angka penyebaran Covid-19, lanjut Bambang, Kecamatan Cibinong masuk peringkat ke-3 di Kabupaten Bogor. Oleh karena itu, pihaknya lebih intens melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

“Sebelumnya kita juga sudah lakukan operasi seperti ini dengan menyasar pusat-pusat terkonsentrasinya masa. Seperti di pasar beberapa waktu lalu, saat itu ditemukan banyak pelanggar dan kita berikan teguran disertai sanksi ringan, hanya untuk mengingatkan mereka saja,” urainya lebih lanjut.

Selain para pengguna jalan raya, pihaknya kini lebih membidik pada lingkungan warga. Karena menurutnya, pengguna jalan raya khususnya ‘roda dua’ mayoritas memang sudah terbiasa menggunakan masker.

“Meskipun tadi masih kami dapati para pengendara yang tidak mengenakan masker, kami tegur dengan memberikan sanksi secara arif dan bijaksana. Mereka kami minta melafalkan Pancasila di pinggir jalan. Hanya untuk mengingatkan mereka saja, selain ini, kami juga akan lakukan pada jalan-jalan di lingkungan warga,” kata Bambang.

“Alhamdulillah, jika dibandingkan dengan giat beberapa waktu lalu, tingkat kesadaran warga semakin meningkat. Kita berharap, warga tetap disiplin protokol kesehatan dengan melakukan 3M. Yakni ; Mengenakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Cibinong, Irwan menambahkan, sebelum melakukan operasi kepada masyarakat, pihaknya terlebih dahulu menerapkan di internal kantor kecamatan. “Untuk di Kantor Kecamatan Cibinong sudah terlebiih dahulu,” imbuhnya. Berdasarkan pantauan di lokasi, giat tersebut terlaksana Pemcam Cibinong bersama Pemcam Citeureup. (Wandona)